Thursday, August 11, 2016

Monumen Pahlawan B.W Lapian dan Ch.Ch Taulu


Monumen yang di resmikan pada tanggal 30 November 1987 memiliki sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan rakyat indonesia dan warga Sulawesi Utara pada khususnya.

Bernard Wilhelm lapian lahir di kawangkoan, 30 juli 1892 meninggal di jakarta, 5 april 1977 pada umur 84 tahun. Beliau adalah seorang pejuang nasionalis berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.
Pada masa revolusi kemerdekaan B.W. Lapian sebagai pimpinan sipil saat itu berperan besar pada momen heroik Peristiwa Merah Putih, 14 Febuari 1946 di Manado.
Karena Ketokohannya, pada masa kemerdekaan B.W. Lapian dipercaya untuk menjabat sebagai Gubenur Sulawesi pada tahun 1950 sampai dengan 1951, yang berkedudukan di Makasar.

CH Taulu lahir pada tanggal 28 Mei 1909 dari pasangan Agustinus Rawis Taulu dan Maria Waney. 
Peristiwa merah putih tanggal 14 Febuari 1946 direstui oleh Presiden Soekarno dan sekaligus membuktikan kepada dunia tentang sebuah usaha "Coup D'etat" yang berhasil menggulingkan, mengusai dan menyingkirkan Pemerintahan Belanda tanpa pertumpahan darah.

Perjuangan CH Taulu dan rekan-rekan perjuangannya merupakan salah satu bagian penting dari proses panjang perjuangan kemerdekaan Indonesia. CH Taulu juga dianggap sebagai salah satu tokoh demokrasi indonesia di mata pemerintahan Amerika Serikat.


No comments:

Post a Comment